Wednesday, September 8, 2010

Gapura pink

Gapura batas sebagai penanda batas dan penanda masuk dari luar kawasan/daerah ke dalam suatu kawasan/daerah. Gapura memiliki arti penting bagi suatu kawasan. Dia menjadi “warning” bagi siapapun yang melewatinya bahwa mereka telah memasuki suatu kawasan yang berbeda dari yang sebelumnya. Untuk itu, desain sebuah gapura semestinya memberikan pengalaman bagi yang melewatinya, menjadi icon bagi kawasan, dan “eye-catching” bagi para pelintas batas. Gapura dalam kamus WJS Purwadarminta berarti pintu gerbang. Secara ontologis ia menjalankan fungsinya sebagai ambang untuk memasuki puri kedalaman pada suatu tempat atau rumah. Ucapan selamat datang biasanya menjadi wajib dibubuhkan di gapura tersebut beserta nama tempat atau lokasi. Gapura bisa juga menjadi sebuah penanda akan ekslusivitas (kepemilikan) atau teretory (sebagai daerah kekuasaan).Sedangkan warna pink mencerminkan sifat kewanitaan, kasih sayang, cinta, romantis, keceriaan, dan keremajaan. Tetapi bisa juga berarti naif, lemah, dan merasa kekurangan.
Baru kali ini aku melihat sebuah gapura yang bewarna pink, yaitu sebuah gapura desa Tlawong, Sawit, Boyolali. Aku bertanya-tanya kenapa gapura warnanya pink??? (tak biasanya). Usut punya usut ternyata Kepala Desa Tlawong di jabat oleh seorang wanita. Warga masyarakat Tlawong juga heran kenapa pada Pilkades tahun ini, hanya ada dua kandidat yang semuanya wanita. 1 calon merupakan seorang ibu yang sudah berkeluarga dan 1 calon masih muda dan belum berkeluarga. Dan pada Pilkades, dimenangkan oleh calon yang sudah berkeluarga.
Gapura masuk desa dapat memberikan gambaran mengenai desa yang ada di dalamnya. Menurut saya Gapura Desa Tlawong yang berwarna pink bukan merupakan pilihan warna yang tepat karena di dalamnya mengandung nilai filosofi. Flosofi warna pink yang berarti kasih saying yang mungkin tepat untuk mencerminkan desa ini, dengan kondisi masyarakat yang rukun dan damai. Kondisi Desa Tlawong merupakan sebuah desa yang di kelilingi oleh persawahan yang subur dan di lewati sebuah sungai besar yang menghidupi masyarakat sekitar untuk keperluan pertanian dan lainnya. Tak heran bila sebagian masyarakatnya berpencaharaian sebagai petani.
Desa Tlawong dari hari ke hari selalu mengalami perkembangan, baik dari segi sosial-ekonomi, budaya maupun infrastruktur.

1 comment:

  1. saya adlah salh satu warga desa tlawong. Saya malah baru tahu ttg makna warna pink gapura ds.tlawong itu. Selama ini saya tak pernah memikirkannya. Cuek saja. Kalau blh tahu apakah Anda org tlawong jg kog tahu ttg tlawong?

    ReplyDelete