Saturday, September 25, 2010

Pantai Gunung Kidul

Banyak orang menganggap kalau pantai yang indah itu identik dengan Pulau Bali, akan tetapi sebenarnya banyak tempat di Indonesia yang juga memiliki pantai yang eksotis. Deretan pantai selatan yang salah satunya di daerah Gunung Kidul. Gunung Kidul memiliki banyak sekali deretan pantai yang eksotis dengan karakteristik pantai dengan pasir putih, ombak yang agak besar dan berada dekat bukit karang. Untuk menuju Gunung Kidul dapat lewat Jogja atau Wonogiri, tetapi saran saya pilih lewat Jogja karena jalannya lebih mulus dan lebar. Usahakan motor dalam kondisi fit karena medan yang dilalui berbukit (tikungan, tanjakan dan turunan) yang membutuhkan high skill. Apabila masih awam dengan jalan yang harus silalui, agan tidak perlu khawatir, karena papan petunjuk sudah sangat jelas mengantarkan ke pantai yang akan dituju.
Pantai Baron, Kukup, Krakal, Sepanjang, Drini, Ngandong, Sundak, Indrayanti. Itulah nama-nama pantai yang sering dikunjungi. Tiket masuk untuk menikmati eksotisme deretan pantai di atas Cuma 2000/orang, 500/motor, dan 50/orang untuk asuransi serta di tambah biaya parkir 2000 untuk memasuki setiap pantai yang dikunjungi. Cukup murah bukan agan?

Pantai Sundak
Pantai ini berada d Kecamatan Tepus. Akses jalan berbukit dengan kondisi yang lumayan mulus. Karakteristik pantai ini pasir putih, ombak yang agak besar dan berada dekat bukit karang. Pengunjung saat hari libur cukup ramai. Fasilitas yang ditawarkan, yaitu rumah makan dan para PKL, gazebo di atas bukit. Saat kondisi surut, banyak sekali terdapat bintang laut, ikan karang yang pastinya mengundang para pengunjung untuk menangkapnya.

Pantai Indrayanti
Pantai ini berada di sebelah timur pantai Sundak. Karakteristik pantai ini pasir putih yang lebih lembut, ombak yang agak besar dan beberapa gazebo di tepi pantai. Tetapi sayangnya terdapat agak banyak sampah yang mengurangi keindahannya.

Pantai Ngandong
Pantai ini berada di sebelah barat pantai Sundak dengan melewati sebuah bukit kecil. Karakteristik pantai ini pasir putih yang lebih lembut, ombak yang agak tenang dan terdapat beberapa kapal nelayan. Fill yang di dapat saat menginjakkan kaki di pantai ini, suasana hati lebih tenang dan lebih jernih. Sehingga banyak pengunjung yang sejenak beristirahat di pinggir pantai.

Sedikit menyisipkan cerita tentang touring d’Gunung Kidul bersama Toofix dan Teguh ‘Hoshi’ Prasetio (18-09-10). Berangkat dari Solo jam 08.00 sampai di Sundak jam 10.00. Rute yang dilewati Jl.Solo-Jogja sampai Prambanan ambil kiri arah ke Wonosari kemudian menuju ke pantai. Baru kali ini, touring yang sama sekali tidak bertanya kepada orang di jalan, karena papan petunjuk sudah sangat jelas. Walaupun pantai sedang surut, akan tetapi tidak mengurangi keindahannya.

No comments:

Post a Comment