Sunday, August 8, 2010

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog merupakan salah satu air terjun di Karanganyar yang telah dibuka tahun 2004, terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Jumog merupakan alternatif wisata air terjun selain Grojogan Sewu yang lebih dahulu terkenal. Rute yang dilalui dari Kota Solo memakan waktu 1 jam. Pertama ambil jalur yang menuju Tawangmangu, dipertigaan selepas Pasar Karang Pandan ambil jalur ke kiri arah ngargoyoso. Setelah itu ikuti petunjuk yang tersedia, karena jalan utama jarang bercabang.
Jumog menawarkan keindahan air terjun yang dikelilingi oleh bukit dengan pepohonan yang hijau. Selain itu juga disediakan area bermain anak-anak dan kolam renang. Retribusi untuk menikmati air terjun yang indah ini cukup murah, Cuma Rp. 3.000. Jika dibandingkan dengan Air Terjun Grojogan Sewu, Jumog memiliki ketinggian yang lebih rendah, tetapi ini tidak mengurangi keindahannya.
Setelah puas menikmati keindahan Jumog, perjalananan bisa di lanjutkan ke Candi Sukuh, letaknya tidak terlalu jauh sekitar 10 menit perjalanan. Untuk menuju candi ini dari pertigaan Jumog belok ke kanan. Di dalam perjalanan akan menemui tanjakan yang begitu panjang dan kemiringan hampir 40 °, cukup untuk membuat motor berteriak “Minta Tolooong”. Di anjurkan motor dalam keadaan fit.