Tuesday, August 17, 2010

Stadion Baru Di Indonesia




Prestasi sepakbola Indonesia di mata Internasional masih mengecewakan. Dapat di bilang Indonesia mengalami penurunan prestasi untuk level Asean maupun Asia. Apalagi kondisi kompetisi dalam negeri yang masih carut-marut, sering terjadi kerusuhan dan rasisme para supporter fanatik. Ini mungkin juga imbas dari masih carut-marutnya asosiasi tertinggi sepak bola Indonesia (PSSI). Banyak wacana untuk mengganti pengurus PSSI karena berbagai masalah yang mengiringinya, seperti : tersandungnya ketua PSSI Nurdin Halid pada kasus korupsi, keputusan Komdis maupun Komding yang terkadang tidak professional. Terlepas dari semua itu, ada niat positif dari beberapa elemen (pemerintah dan masyarakat) yang ingin memajukan persepakbolaan nasional. Salah satunya seperti pembangunan stadion bertaraf internasional yang dilakukan Pemprov dan Pemkab/Pemkot. Kehadiran stadion ini pastinya akan berdampak positif pada kualitas pertandingan dan animo penonton. Pada akhirnya citra sepak bola kita akan diakui di mata dunia internasional.
Saat ini di Indonesia sudah mempunyai beberapa stadion yang memenuhi kriteria internasional, seperti Stadion Gelora BungKarno Jakarta, Si Jalak harupat bandung, Jakabaring Palembang, Palaran kaltim. Tetapi dibeberapa daerah telah siap melaksanakan pembangunan std.baru yang bertarap internasional.

1.Stadion Gelora Bung Karno
Kota : Jakarta, DKI Jakarta Raya. Dibangun : 8 Februari 1960 (Renovasi 2007). Kandang : Tim Nasional Indonesia. Kapasitas : 88.083 tempat duduk. Stadion ini sering digunakan untuk event-event internasional.

2.Stadion Jakabaring
Stadion jakabaring di bangun pada tahun 20001, digunakan untuk event PON XVI 2004 Sumatera Selatan. Saat ini stadion jakabaring merupakan markas klub Sriwijaya FC. Memiliki kapasitas : 40.000 penonton.

3.Stadion Palaran
Stadion Palaran dibangun pada tahun 2005 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Digunakan untuk event PON XVII 2008 Kalimantan Timur. Memiliki kapasitas : 50.000 kursi. Stadion ini merupakan stadion pertama di Indonesia yang seluruh tempat duduknya memakai kursi penonton.

Stadion baru bertaraf internasional

1. Stadion Nasional
Stadion Nasional Pekanbaru mulai dibangun pada tahun 2009 untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012. Memiliki kapasitas : 63.932 kursi. Stadion ini nantinya merupakan stadion masa depan klub PSPS Pekanbaru.

2.Stadion Gedebage
Stadion Gedebage merupakan stadion masa depan Persib Bandung. Masih dalam tahap pembangunan (perkiraan selesai 2011-2012). Memiliki kapasitas : 40.000 kursi.

3.Stadion Gelora Bung Tomo
Stadion Gelora Bung Tomo merupakan stadion masa depan klub Persebaya. Dibangun mulai tahun 2008, hampir rampung 80%. Memiliki kapasitas : 50.000 kursi. Stadion ini telah diresmikan pada tanggal 7 Juli 2010. Penggunaan perdana dilakukan pada laga amal Garuda Merah vs Garuda Putih untuk menghormati legenda Persebaya.

4.Stadion Perjiwa
Stadion ini dibangun pada tahun 2007 di Kota Tenggarong, Kalimantan Timur. Memiliki kapasitas : 35.000 kursi. Lapangan standar Eropa dan stadion ini akan dilengkapi atap model knock down. Atap bisa distel membuka dan menutup secara digital. stadion ini dipastikan akan lebih megah dibanding Stadion Utama Palaran ataupun Senayan.

5.Stadion Taman Prestasi
Stadion ini merupakan stadion masa depan Bontang FC. Berada di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Memiliki kapasitas : 25.000 Penonton.

6. Stadion Batakan
Stadion ini merupakan stadion masa depan dari klub Persiba. Dibangun pada tahun 2008. Memiliki kapasitas : 30.000 kursi. Komplek stadion Batakan yang dibangun oleh Pemkot dengan anggaran 150 miliar, kelak akan menjadi sarana olahraga yang mewah dan megah. Di bangun di atas lahan seluas kurang lebih 18 hektare akan berdiri berbagai sarana olahraga dengan standar olimpiade. Fasilitas yang akan dibangun diantaranya stadion sepakbola berkapasitas 30.000 tempat duduk lengkap dengan segala fasilitas pendukung seperti press conference standart FIFA, dua gedung olahraga (GOR) untuk volley ball, bulu tangkis. Tak hanya itu di kawasan komplek stadion juga akan dilengkapi dengan lapangan tennis, arena futsal, taman rekreasi, area parkir yang luas, lintasan atletik, kolam resapan dan sportmall yang dilengkapi arena bola basket.

7.Stadion Maguwoharjo
Stadion Maguwoharjo merupakan stadion masa depan PSS Sleman. Memiliki kapasitas : 40.000 Penonton. Stadion ini masih dalam tahap penyeleseaian tetapi sudah dapat di gunakan untuk menggelar pertandingan.


8. Stadion Dompak
Stadion Dompak di bangun di Kota Tanjung Pinang (Pulau Dompak), Kepulauan Riau. Memiliki kapasitas : 40.000 kursi. Diperkirakan pembangunan selesai pada tahun 2012.

9. Stadion Taman BMW
Stadion Taman BMW (Taman Bersih Manusia dan berWibawa) merupakan stadion masa depan klub Persija. Mulai di bangun pada tahun 2010. Memiliki kapasitas : 40.000 kursi

10. Stadion Bae Kudus
Stadion Bae Kudus masih dalam tahap perencanaan, yang mendapat anggaran sebesar 130 miliar. Rencananya akan dibuat kompleks gelanggan olah raga yang menyediakan beberapa fasilitas bagi masyarakat kudus.

11. Stadion Landak
Stadion Landak masih dalam tahap pembangunan, jika selesai nantinya akan menjadi stadion terbesar di Provinsi Kalimantan Barat. Memiliki kapasitas : 30.000 kursi.





Sumber : Diolah dari data di google.com

4 comments:

  1. semoga sepak bola ina segera lbh baik

    ReplyDelete
  2. kalau indonesia mau bgun stadion bertaraf internasional untuk piala dunia 2026/2030, kpasitas pnontonx jgn d buat stengah2. dan trlbih lg, jgn lah buat stadion d daerah jawa melu2. gmna sepakbola kita mau maju kalau bgun stadion aja terpusat di suatu wilayah. saya jga mngkritiki rncna pmbngunan std. bae kudus,std. taman prestasi bontang, std. batakan, std dompak dan landak. masa mau bgun std. untuk PD 2026 kaps. pnonton x egk smpai 50.000. emang taun 2026 pnduduk d dunia egk makin bxk klau kita jd host PD 2026? macem2 aja.

    ReplyDelete
  3. Wah.. Mantap nich.. Tapi, para kalo para suporternya rusuh terus, gak akan tahan lama tuch stadion.. Jadi, stadion bagus, suporter harus bagus juga tingkahnya .. Jangan seperti yang sekarang.. Rusuh terus..!

    ReplyDelete